Home Sebaiknya Anda Tahu Daftar Makanan Khas Bandung yang Wajib di Coba

Daftar Makanan Khas Bandung yang Wajib di Coba

66
0
SHARE

Daftar makanan khas Bandung yang wajib di coba. Bandung menjadi kota yang menarik untuk Anda kunjungi, selain udaranya yang sejuk, beragam objek wisata dan tempat-tempat menarik bisa Anda nikmati di kota Kembang ini. Tak heran jika Bandung menjadi surga bagi turis lokal maupun mancanegara untuk menghabiskan waktu luangnya bersama teman-teman, keluarga, bahkan orang tercinta.

Salah satu yang menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Bandung adalah makanan khas nya yang enak dan menggoda selera. Mungkin anda bisa mendapatkan berbagai makanan khas Bandung di kota-kota lain,  tapi Bandung punya berbagai makanan khas yang sayang untuk Anda lewatkan.

Dengan harga yang terhitung murah dan rasa yang enak, jajanan khas kota Bandung membuat banyak turis ketagihan untuk kembali lagi ke kota kembang setiap liburan. Nah, berikut ini ada deretan makanan khas Bandung yang wajib dicoba untuk pecinta kuliner khas tanah sunda :

PEUYEUM

peuyeum-bandungTape atau peuyeum Bandung merupakan makanan yang dibuat dari singkong yang difermentasi dengan ragi. Peuyeum Bandung berbentuk satu singkong utuh dan juga tidak basah. Para pedagang biasanya menjual peuyeum dengan cara digantung dalam beberapa batang.

Makanan khas yang satu ini bisa Anda jumpai di banyak tempat di Kota Bandung. Lebih tepatnya di setiap tempat oleh-oleh yang ada di Bandung. Tak heran jika banyak orang yang menjadikan peuyeum sebagai buah tangan ketika berkunjung ke Bandung.

COLENAK

colenak-bandungTak lengkap rasanya jika Anda mengenal peuyeum, tapi tidak mengenal makanan khas yang satu ini. Yups… pasalnya colenak terbuat dari peuyeum yang dibakar dengan saus yang terbuat dari parutan kelapa dengan gula merah. Namanya unik, colenak atau ‘dicocol enak’. Rasanya memang enak dan termasuk salah satu makanan khas Sunda yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu.

Anda wajib mencobanya! Namun, Anda harus berusaha mencari tempat-tempat yang menyediakan makanan yang satu ini. Karena Colenak adalah makanan khas Sunda yang tidak bisa Anda jumpai di setiap tempat makan yang ada di Kota Bandung. Tentu saja makanan ini hanya disajikan di beberapa tempat saja. Selamat berburu!

SURABI

surabi-bandungSurabi atau bisa dibilang pancake ala Jawa Barat terbuat dari tepung beras dibakar di atas tungku kayu dan pada hasil akhir ditambahkan kuah cair manis dari gula merah. Surabi ini memang tidak hanya ada di Bandung namun hanya di Bandung saja Anda dapat menikmati Surabi dengan variasi toping juga sausnya.

Ya, kini surabi sudah bisa dikombinasikan dengan berbagai makanan lain seperti keju, coklat, dan lainnya. Saat ini banyak tempat nongkrong anak muda Bandung yang menyajikan surabi dengan berbagai variasi yang pasti tetap tidak meninggalkan ke-khas-an surabinya sendiri.

CIRENG

cireng-bandungMakanan lainnya yang dibuat dari bahan dasar aci adalah cireng yang merupakan singkatan dari aci digoreng. Biasanya cireng polos dijual di tukang gorengan dan bisa dimakan secara langsung atau dicocol ke sambal, saus, ataupun kecap.

Akan tetapi seiring dengan perkembangan jaman, cireng kini juga tersedia dengan berbagai macam isi, seperti abon, keju, daging, dan lainnya. Selain isinya, bentuk dari cireng juga sekarang sudah bermacam-macam.

CILOK

cilok-bandungDengan bentuk yang bulat-bulat kenyal, habis dalam sekali lahap, cilok juga merupakan jajanan yang digandrungi di Jawa Barat khususnya di kota Bandung. Walaupun cilok sekarang ini lebih sering dijumpai di lingkungan sekolahan, tapi cilok atau yang kepanjangannya ‘aci dicolok’ ini sudah banyak inovasi-inovasinya. Cilok yang dulunya hanya berbumbu kacang, sekarang anda bisa mencicipi cilok dengan saus mayonnaise juga isian yang bermacam-macam.

CIMOL

cimol-bandungAda cilok, ada pula cimol yang merupakan singkatan dari aci digemol. Cimol yang berbahan dasar sama dengan cilok ini perbedaannya adalah cara membuatnya yaitu digoreng. Bentuknya tetap bulat kecil-kecil dan digoreng lalu ditaburkan bumbu kering yang bisa disesuaikan dengan selera masing-masing; ada bumbu pedas, kacang, pedas asin dan lain-lain.

BATAGOR

batagor-bandungJajanan yang kepanjangan dari baso tahu goreng ini adalah salah satu jajanan tradisional terfavorit khas Bandung. Anda akan dapat menemui tukang batagor hampir di setiap jalan di kota Bandung; di sekolah-sekolah, sekitaran perkantoran, atau di setiap keramaian Bandung.

Tahu berbalut tepung adonan ikan tenggiri yang dimakan dengan saus kacang ini bisa dibilang masih menjadi primadona di antara jajanan-jajanan enak khas Bandung yang lain. Terdapat dua variasi batagor yang cukup digemari saat ini, yakni batagor kering dan batagor kuah.

Untuk menikmati batagor, Anda bisa memilih tempat jajan batagor yang sesuai dengan kantong masing-masing. Terdapat beberapa nama tempat jajan batagor ternama di Bandung yang wajib Anda coba seperti batagor Kingsley, batagor Riri, dan lainnya.

COMRO

comro-bandungComro atau oncom di jero ini terbuat dari parutan singkong dengan isi sambal oncom yang kemudian digoreng. Jajanan ini pas untuk dinikmati sore hari dan disajikan dengan teh manis panas. Sama halnya batagor, comro ini juga sangat mudah untuk dicari dan bisa dibeli dengan harga yang murah.

MISRO

misro-bandungMisro merupakan saudara kembar dari comro. Misro sendiri merupakan singkatan dari amis di jero yang artinya manis di dalam. Cara pembuatannya hampir sama seperti comro. Yang membedakan hanyalah isinya, di mana misro ini berisi gula jawa sehingga rasanya manis.

SEBLAK

seblak-bandungJajanan yang termasuk baru ini terbuat dari kerupuk rebus setengah matang yang diracik dengan bumbu-bumbu seperti kencur, cabe, bawang putih dan sedikit penyedap rasa. Tapi bukan seblak namanya kalau tidak membuat Anda kepedesan dan garuk-garuk kepala karena inilah ciri khasnya.

Banyak penjual seblak yang mengembangkan usahanya dengan memberi  variasi seperti menambah atau mengganti seblak jadi bukan hanya kerupuk. Ada seblak ceker, seblak tahu dan lain-lain. Hampir di setiap sudut Kota Bandung Anda bisa menemukan penjual seblak dengan berbagai variasinya.

BAJIGUR

bajigur-bandungMinuman khas Jawa Barat yang banyak juga dijajakan dengan gerobak. Terbuat dari gula aren dan santan yang bisa ditambah sedikit jahe agar tetap bisa menghangatkan badan. Mungkin sebagian dari Anda ada yang masih suka tertukar antara bajigur dan bandrek, padahal keduanya memiliki perbedaan yang cukup mencolok.

Perbedaannya yang pertama pasti di rasa karena bandrek lebih terasa pedas dibanding bajigur. Perbedaan lainnya juga bisa dilihat dari warnanya, kalau bajigur warna lebih terlihat coklat kental karena terbuat ada campuran santannya. Tapi soal rasa, keduanya enak dan sangat pas untuk diminum pada saat cuaca dingin.

BANDREK

bandrek-bandungMakanan enak di bandung selanjutnya adalah bandrek. Disesuaikan dengan cuaca Bandung yang dingin, Bandrek adalah minuman khas Jawa Barat yang wajib dicoba untuk menghangatkan badan. Dengan campuran jahe, gula merah dan rempah-rempah lain yang membuat rasanya sedikit pedas sangat pas untuk diminum ketika udara dingin atau malam hari .Tidak mungkin rasanya kalau Anda mengaku orang Bandung  tapi belum mencoba jajanan khasnya . Bandung memang terkenal dengan keunikan dan kreativitas masyarakatnya dalam berbagai aspek. Dan salah satunya yaitu makanan atau jajanannya.

Jika Anda bukan orang Bandung, tentunya wajib mencoba makanan khas Kota Bandung. Jajanan tersebut juga dapat dijadikan sebagai oleh-oleh untuk sanak saudara di kampung halaman. Selamat berburu makanan khas Bandung yang nikmat dan lezat !!!

Untuk menjalajahi kota Bandung jangan lupa Anda mengambil Paket Wisata Bandung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here